Cara menangani handphone terkena air

Lepaskendaly – Banyak pengguna ponsel sering bertanya, “Ponsel saya terkena air, harus bagaimana?” atau “Gan,ini ponsel saya taruh di meja, pas saya lihat di meja itu ada air dan kena ke ponsel saya. Gimana ya solusinya?” atau “Om, ponsel saya barusan gak sengaja ketumpahan kuah sop. Ada solusi?”

Dari beberapa contoh diatas, kita sebagai pengguna ponsel harus dapat melakukan penanganan awal ketika ponsel terkena cairan. Berikut ini beberapa caranya

1. Lepaskan baterai, kartu SIM dan kartu memori

sim-card-being-placed-into-a-mobile-phone

Jika baterai yang ada di dalam ponsel terkena air, maka akan mengalami kegagalan daya arus pendek yang bisa mengakibatkan ponsel tidak dapat menyala. Oleh karena itu, harus segera melepas baterai yang ada di dalam ponsel.

Untuk ponsel yang bisa melepas baterai segera lepas baterai, kartu SIM dan kartu memori. Sedangkan ponsel yang tidak bisa melepas baterai, segera matikan ponsel dan lepas kartu SIM dan kartu memori.

2. Jika terkena cairan korosif, gunakan air jernih untuk membilas

korosif

Ponsel terdiri dari komponen-komponen yang yang jika terkena cairan akan mudah terkikis atau berkarat. Jika ponsel terkena cairan yang dapat menyebabkan korosif, segera bilas menggunakan air bersih.

3. Keringkan air yang berada dalam ponsel

Jika sudah melakukan cara diatas, jangan lupa untuk mengeringkan bagian dalam ponsel. Ada beberapa alternatif cara untuk mengeringkan ponsel seperti di jemur, ditaruh depan kipas angin yang menyala. Diamkan ponsel beberapa hari selama proses pengeringan tersebut agar benar-benar yakin ponsel tersebut sudah tidak ada air di bagian dalamnya.

Perangkat elektronik yang terkena cairan walaupun sudah dikeringkan masih ada kemungkinan korosi atau karat yang menempel pada komponen. Oleh karena itu, pengguna lebih baik datang ke Service Center untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut. Dan juga perlu diingat adalah komponen elektronik memiliki jangka waktu penggunaan. Apabila terkena cairan, maka jangka waktu penggunaan tidak dapat dipastikan apakah dapat bertahan lama atau tidak setelah dibersihkan.

Comments
Categories: News

One comment

  1. content said on June 23, 2017

    I simply want to mention I am just all new to blogs and truly loved this blog. Likely I’m likely to bookmark your blog post . You actually come with superb article content. Appreciate it for revealing your blog site.

Leave a Reply

Note: Comments on the web site reflect the views of their respective authors, and not necessarily the views of this web portal. Members are requested to refrain from insults, swearing and vulgar expression. We reserve the right to delete any comment without notice or explanations.

Your email address will not be published. Required fields are signed with *