Cara Cepat Bisa Bermain Gitar Bagi Pemula

Jika kalian seorang pemula dalam bermain gitar yang saat ini mempunyai niat untuk bisa bermain gitar dan ingin bisa mengiringi lagu-lagu yang disukai. Belajar bermain gitar tidak hanya sekali atau dua kali mencoba mempelajarinya, tetapi butuh usaha dan kesabaran untuk terus mempelajarinya. Berikut tips agar kalian mudah dalam belajar bermain gitar :

1. Mempunyai Gitar

Kalian harus mempunyai gitar yang akan dimainkan nanti. Jika tidak ada gitar kalian akan susah untuk mempraktekkannya langsung, Atau minimal kalian bisa meminjam kepada teman, tetangga, keluarga atau kerabat lainn yang punya gitar, sehingga kalian bisa rutin berlatih memainkannya.

2. Menyetel Gitar

Untuk para pemula, menyetel gitar bukanlah hal yang mudah karena membutuhkan telinga yang terlatih melakukannya. Sekarang sudah banyak gitar tuner dijual di toko-toko alat musik dengan harga murah, ini bisa kalian gunakan untuk belajar gitar. Selain menggunakan gitar tuner masih banyak cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menyetel gitar. Contohnya kamu bisa menyocokkan nada senar dengan nada lain seperti piano atau alat musik lainnya. Di internet juga sudah ada gitar tuner online, intinya kamu harus tau dulu nada pada masing-masing senar.
Senar 1 dipetik tanpa ditekan = E
Senar 2 dipetik tanpa ditekan = B
Senar 3 dipetik tanpa ditekan = G
Senar 4 dipetik tanpa ditekan = D
Senar 5 dipetik tanpa ditekan = A
Senar 6 dipetik tanpa ditekan = E
3. Tentukan Lagu

Untuk permulaan, kalian carilah lagu yang kunci gitar nya yang mudah dan kamu tahu lagunya. Mudah maksudnya adalah dalam lagu tersebut tidak terlalu banyak terdapat kunci didalamnya. Karena bagi pemula yang belum biasa akan sulit memindahkan kunci kunci lagu tersebut.

 

4. Perhatikan Posisi Jari-jari

Berusalah untuk melatih jari-jari agar tidah menyentuh senar yang lain saat menekannya, karena ini akan mempengaruhi bunyi nya nanti.

5. Hafal kunci

Setelah melihat panduan kunci, hafalkan kunci lagu tersebut dan sering memainkannya. Biasakan jari-jari lancar memindahkan dari satu kunci ke kunci yang lain.

6. Rutin Mengulanginya

Setelah kamu hafal kunci dari lagu tersebut, rajin-rajin. memainkannya. Ini akan meningkatkan ingatan kamu terhadap kunic yang di mainkan dan melatih jari-jari agar kokoh menekannya.

7. Praktekkan Dengan Lagu Yang Lain

Jika kamu sudah bisa menguasai 1 lagu, kembangkan lagi  dengan lagu lainnya. Luangkan waktumu untuk bermain gitar dengan rutin agar tidak lupa dengan kinci gitar yang sudah dipelajari.

Comments
Categories: News

No comments yet, be the first to leave one!

Leave a Reply

Note: Comments on the web site reflect the views of their respective authors, and not necessarily the views of this web portal. Members are requested to refrain from insults, swearing and vulgar expression. We reserve the right to delete any comment without notice or explanations.

Your email address will not be published. Required fields are signed with *