10 Lagu Terbaik The Beatles

Kebesaran mereka seolah membuka mata kita, musik ternyata bukan sekedar penghibur telinga, tapi juga sebuah industri. The Beatles memang sebuah fenomena. Mereka, ketika itu, tak hanya membius publik musik, tapi juga menciptakan sebuah tren baru. Pengaruh mereka tak hanya di jalur musik. Mereka seperti virus yang mempengaruhi begitu banyak hal, mulai dari gaya rambut hingga fashion.

Yap, John Lennon (vokla, gitar), Paul McCartney (vokal, bas), George Harrison (vokal, gitar), dan Ringo Starr (vokal , drum), empat pemuda asal Liverpool ini, barangkali akan menjadi manusia yang paling diingat sepanjang masa. Berbagai ulasan, artikel, dan tulisan tentang mereka seolah tak pernah berhenti mengalir. Mereka mengisi hampir setiap lembar media serta memenuhi hampir seluruh etalase publikasi.

Album-album yang pernah mereka hasilkan terus didaur ulang. Anehnya, hingga kini pun, setelah hampir 44 tahun mereka membubarkan diri, apapun yang menyangkut The Beatles tetap laku dijual. Kesuksesan mereka memang seperti mimpi bagi orang lain.

Beberapa waktu lalu Majalah Rolling Stone telah menyusun seratus tembang terbaik The Beatles dan melansirnya menjadi sebuah edisi khusus di majalah musik yang diterbitan di negerinya Paman Sam ini.  Inilah 10 Lagu Terbaik The Beatles yang menjadi masterpiece dan abadi sepanjang masa.

1. A Day in The Life
Lirik lagu ini terinspirasi oleh surat kabar dan kehidupan Lennon sendiri dengan ide McCartney.

2. I Want to Hold Your Hand
” I Wanna Hold Your Hand ” adalah bukti keajaiban lagu dari Lennon dan McCartney yang memaparkan sebagian besar Amerika yang berangkat dari Beatlemania dan mewakili apa yang produser George Martin sebut sebagai ” Puncak Tahap Satu Pembangunan The Beatles ‘.

3. Strawberry Fields Forever
Lennon pernah berkata tumbuh menakutkan karena tak ada seorang pun untuk berkomunikasi. Strawberry Field, rumah pemuda Liverpool dekat tempat Lennon dibesarkan, mewakili mereka yang menghantui visi masa kanak-kanak. Dengan lagu ini, Lennon mengalahkan mereka selamanya.

4. Yesterday
Lagu yang paling mencakup dalam permulaan sejarah sebagai sesuatu yang disebut “Scrambled Eggs” . ” Hal ini juga dimulai pada mimpi Paul McCartney.

5. In My Life
” In My Life , ” yang menampilkan sebagian besar lirik pribadi Lennon sampai saat itu , adalah salah satu dari hanya segelintir lagu Lennon – McCartney di mana keduanya sangat tidak setuju atas apa yang mereka tulis.

6. Something
Sebelum menjadi lagu kedua The Beatlse paling penutup di belakang “Yesterday” kata Harrison, Lennon tak menduga kalau lagu ini adalah ” lagu terbaik [ Abbey Road ] ” dan McCartney menyebutnya “lagu terbaik yang telah ditulis Harrison”.

7. Hey Jude
Ditulis bareng John Lennon ditemabngkan Paul McCartney. Lagu ini pada awalnya berjudul “Hey Jules”. Pada liriknya, McCartney mengisahkan kedukaan Julian, putra John dengan Cynthia. Kehidupan perkawinan kedua orangtua Julian ini tidak harmonis. Apalagi semenjak hadir wanita lain, Yoko Ono yang memasuki kehidupan John. Jadilah si bocah Julian anak terlantar. Judul pun berganti jadi “Hey Jude”. Tembang keren dari The Beatles ini mencuat pertama kali sebagai singel.

8. Let It Be
Sebagai satu maha karya, tembang ini diciptakan oleh John Lennon dan Paul McCartney yang menulis liriknya. Dengan panjang komposisi 4 menit 1 detik. Let It Be dipersembahkan Beatles buat Mary, ibunya McCartney yang telah wafat sehingga dalam liriknya McCartney nyaris menyamakan kewelas asihan Mother Mary dengan Lady Madonna.

9. Come Together
Awalnya ditujukan oleh Lennon sebagai lagu kampanye untuk  Timothy Leary ketika ia mencalonkan diri sebagai gubernur California pada tahun 1970. Ini menjadi lagu terakhir keempat The Beatles yang diproses di studio bersama-sama.

10. While My Guitar Gently Weeps
Lirik pertama lagu yang ditulis oleh George Harrison ini benar-benar hebat. Dia memilih frase “gently weeps” dari sebuah buku secara acak.

The Beatles memang band legendaris yang terkenal, lagu-lagu nya memiliki kesan-kesan unik bagi pendengarnya, seperti 10 Lagu Terbaik The Beatles diatas.

Comments
Categories: News