DIR EN GREY

Jika tadi kita baha tentang Toe sekarang kita akan bahas menenai band indie yang sama – sama menganut ganre music Rock. Sebelum Toe terjun di dunia music, band ini sudah dahulu terjun, tepatnya pada tahun 1997. Band ini mereka klim dengan nama DIR EN GREY. DIR EN GREY telah meraih reputasi yang kontroversial di Asia dan dalam beberapa tahun terakhir ini di Eropa dan Amerika melalui musik mereka yang keras menghentak, lirik-lirik kontroversial dan jangkauan vokal milik Kyo yang beragam. emm.. keren ya sobat kendaly.
Meskipun aliran musik DIR EN GREY pada intinya adalah rock, sejak terbentuknya di tahun 1997, band ini telah bereksperimen dengan banyak sekali genre musik yang menbuat aliran musik mereka semakin rumit untuk didefinisikan.

 

Setelah bubarnya band visual kei La:SadiesKyoKaoruDieShinya dan bassis yang baru mereka rekrut Toshiyamembentuk DIR EN GREY di Osaka pada 1997 dengan tujuan “memperluas wawasan semua orang mengenai berbagai kepedihan hati, fenomena ego manusia, dan hasil dari kedangkalan dan kelemahan mereka.”
Tidak lama setelah terbentuknya DIR EN GREY, mereka ditemukan oleh vokalis COLOR yaitu DYNAMITE TOMMY, dan dibawa olehnya ke label indie bernama SOL’FINSTERRE yang dibuat oleh East-West Japan dan TOMMY. DIR EN GREYmelakukan debut indie resmi mereka dengan dirilisnya singel JEALOUS.

Mereka dengan cepat meraih popularitas di kalangan penggemar musik visual dengan dirilisnya singel kedua merekaI’ll, yang mencapai peringkat tujuh di tangga lagu Oricon, yang mana pada masa itu merupakan pencapaian posisi tangga lagu tertinggi yang pernah diraih oleh band indie di Jepang.
Seiring dengan keberhasilan DIR EN GREY meraih prestasi yang sebelumnya belum pernah dicapai oleh siapa pun itu, diumumkanlah bahwa mereka akan melakukan debut major mereka di bulan November yang diikuti oleh digelarnya konser mereka Nippon Budokan yang prestisius.
dir-en-grey6
Pada bulan Januari, perilisan singel Akuro no okaZAN dan Yurameki, yang semuanya diproduseri oleh YOSHIKI dariX JAPAN, memastikan meningkatnya popularitas mereka dimana ketiganya menembus Top 10 Oricon Chart.

Pada bulan yang sama, penampilan DIR EN GREY yang membawakan ZAN di Music Station menerima keluhan yang beragam dari sejumlah pemirsa dikarenakan konten visual dan pilihan lagu yang keras dan kasar.

Namun, terlepas dari keluhan awal, penampilan Cage dan Yokan di acara yang sama menerima hampir tidak ada keluhan sama sekali.

Pada bulan Juli, DIR EN GREY mengeluarkan album studio mereka yang pertama GAUZE yang, bila dibandingkan dengan karya-karya mereka sebelumnya, menampilkan lebih banyak karekteristik musik visual tahun 1990an.
Untuk mendukung album tersebut, mereka melakukan tur nasional mereka yang pertama yang dimulai di Yokohama Arena di bulan September dan ditutup dengan konser di Osaka-Jo Hall pada bulan Desember.

Perilisan album studio mereka yang kedua MACABRE di bulan September tahun berikutnya menandai perubahan merka dari sisi musikalitas.
Album ini memasukan unsur musik etnik ke dalamnya dan dipadukan dengan isi lirik yang ditulis oleh Kyo menghasilkan album yang “lebih gelap” yang lebih berfokus pada cara pandang yang suram akan dunia.
Pada 2002, mereka  kembali merilis album studio mereka yang ketiga Kisou yang memasukkan nuansa hardcore metal dalam beberapa lagunya.
Berkat album mereka itupun mereka dapat  melakukan perjalanan ke luar negeri untuk pertama kalinya dan tampil di Shanghai, Hong Kong, Taiwan dan Korea Selatan. Diperkirakan 100.000 orang menghadiri konser mereka di Asia dan bahkan pada saat konser mereka di Shanghai beberapa penonton harus dibawa keluar dari area konser karena kepanasan. Konser final dari tur ini diadakan di Yokohama Arena.

Dengan dirilisnya mini-album six Ugly dan maxi singel Child preyDIR EN GREY mulai menggunakan “musik keras dan berat” yang kemudian menjadi ciri khas di lagu-lagu mereka berikutnya.

Album studio mereka yang keempat VULGAR, yang dirilis pada September 2003, berpusat pada ”tema kepedihan” dan menjadi album pertama mereka yang tidak mencantumkan kredit musik secara individu namun band secara keseluruhan.

Mengikuti perilisan VULGAR,DIR EN GREY menerima berbagai undangan untuk tampil di luar negeri dan pada 2005, mereka menggelar konser pertama mereka yang semua tiketnya terjual habis di Berlin di hadapan 3.500 penonton. Tidak lama kemudian, mereka tampil di Festival Musik Rock am Ring dan Rock im Park.

Sekembalinya mereka ke Jepang, DIR EN GREY berpartisipasi dalam tur independen Taste of Chaos Tour Japan 2005dimana mereka tampil persama band-band terkemuka seperti KILLSWITCH ENGAGE dan THE USED. Pada sekitaran waktu inilah juga penampilan DIR EN GREY menjadi lebih tidak mengandalkan properti dan dandanan visual sebagaimana di awal-awal karir mereka dan lebih menunjukkan tampilan rock yang lebih umum.

Pada Mei 2006, DIR EN GREY merilis album studio mereka yang kelima Withering to death di Amerika Serikat yang didahului oleh penambilan mereka pada bulan Maret di SXSW di hadapan 5.000 penggemarnya dimana seluruh tiketnya terjual habis. Album ini meraih posisi ke empat puluh dua di tangga peringkat Billboard Magazine’s Top Independent Albums.

Saat Withering to death mencapai sukses di Amerika Serikat, DIR EN GREY melakukan tur Eropa mereka untuk kedua kalinya. Mereka juga tampil kembali di Rock am Ring dan Rock im Park dalam waktu dua tahun berturut-turut dan menjadi band asal Jepang pertama yang pernah tampil di panggung utama.

Selama 31 Juli hingga 1 Agustus, DIR EN GREY kembali menggelar konsenya di Nippon Budokan yang prestisius dan luar biasanya, tiket untuk acara ini ludes terjual hanya dalam waktu 45 menit sejak mulai dijual.

Pada 4 Agustus, DIR EN GREY berpartisipasi dalam THE FAMILY VALUES TOUR yang digagas oleh band kawakan Amerika Serikat Ko?n dimana mereka tampil di 31 konser yang dihadiri total 600.000 penonton.

Saat mereka kembali ke Jepang, DIR EN GREY tampil di salah satu festival musik metal terbesar LOUD PARK 06 di PANGGUNG GIGANTOUR, panggung yang sama dimana musisi-musisi sekelas MegadethANGRA dan Anvil tampil.
dir-en-grey3
Pada bulan November, MTV mengumumkan dalam acara musiknya yang popular “Headbangers Ball”, bahwa DIR EN GREY telah menjadi band asal Jepang pertama, dengan video musik mereka saku, yang menerima penghargaan Grand Prix dalam “Top 25 Metal Videos” yang dipilih oleh penonton MTV.

DIR EN GREY merayakan ulang tahun mereka yang ke-10 pada 2007 dan sejak awal terbentuknya, telah mencapai prestasi luar biasa dalam meraih kepopuleran di negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Finlandia, Swedia, Denmark, Belanda, dan Polandia berkat tur mereka yang terus menerus.

Pada bulan Februari, mereka kembali ke Amerika Utara untuk melakukan TOUR07 INWARD SCREAM dimana mereka melakukan delapan konser yang terpisah.

Album studio mereka yang keenam THE MARROW OF A BONE dirilis di sebelas negara di seluruh dunia, termasuk Jepang pada tanggal 7 Februari. Album ini meraih posisi ke delapan dalam tangga peringkat Billboard Top Heatseekers di Amerika Serikat dan mencapai posisi dua puluh satu di tangga peringkat Top Independent Albums.

Setelah mereka kembali ke Jepang, mereka melakukan tur nasional TOUR07 THE MARROW OF A BONE dan pada bulan Juni, mereka kembali ke Amerika untuk berpartisipasi bersama Deftones dalam gelaran tur Amerika Utara THE FAMILY VALUES TOURS.

dir-en-grey2

Pada bulan Augustus, DIR EN GREY melakukan tur Eropanya, termasuk konser tunggal di Inggris dan tampil di salah satu festival musik heavy metal terbesar di dunia, Wacken di Jerman.

Mengantisipasi perilisan DOZING GREEN, mereka melakukan tur TOUR07 DOZING GREEN dari bulan September hingga Oktober, dan singel ini dirilis pada 24 Oktober dan mencapai posisi ketiga di tangga lagu Oricon.

Mereka kembali ke Eropa untuk tur singkat 6 konser pada bulan November dan pada penghujung bulan itu mereka menjadi bintang tamu dalam konser LINKIN PARK di Saitama Super Arena.

Akhir tahun 2007 ditandai dengan TOUR07 THE MARROW OF A BONE, dimana mereka didukung oleh band Amerika10 Years yang juga berpartisipasi dalam THE FAMILY VALUES TOUR.

Memperingati ulang tahun ke-10 mereka, mereka juga merilis album kompilasi DECADE 1998-2002 dan DECADE 2003-2007 yang secara terturut-turut meraih posisi keempat belas dan kelima belas dalam tangga peringkat Oricon.
dir-en-grey5
Pada bulan November, DIR EN GREY menjadi band pendukung The Human Abstract dalam tur Amerika Utara mereka dan selama mereka berada di Amerika Serikat, album studio mereka yang ketujuh UROBOROS dirilis secara serentak di 17 negara di seluruh dunia. Album ini meraih posisi 114 di The Billboard 200 dan mencapai posisi pertama di peringkat Top Heatseekers.

Pada malam Natal, MTV mengumumkan bahwa DIR EN GREY sekali lagi meraih prestasi Grand Prix di “Headbangers Ball” melalui video musik mereka DOZING GREEN.

dir-en-grey4

Pada tanggal 29 Desember DIR EN GREY tampil di Osaka-Jo Hall yang prestisius untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun dalam konser yang bertajuk UROBOROS –breathing- dimana diperkirakan dihadiri oleh 10.000 penonton.

Mereka mengawali tahun berikutnya, 2009, dengan berpartispasi dalam Kerrang! Relentless Energy Drink Tour di Inggris Raya, bersama-sama dengan Mindless Self IndulgenceBring Me The HorizonBlack Tide dan In Case of Fire.

Selama Februari hingga Mei, DIR EN GREY melakukan rangkaian tur TOUR09 FEAST OF V SENSES yang di dalamnya terdapat penampilan di arena-arena kecil (dengan kapasitas 300 orang saja), konser-konser khusus untuk klub resmi penggemarnya yang bernama [a knot] dan juga konser-konser yang hanya boleh dihadiri oleh penonton laki-laki saja.

Pada bulan Juni, mereka kembali melakukan tur keliling Eropa dengan band pembuka KILLSWITCH ENGAGE. Mereka juga muncul untuk pertama kalinya di Download Festival di Inggris, Nova Rock Festival di Austria dan Metal Town Festival di Swedia.
dir-en-grey1
Masih di tahun yang sama, berikutnya DIR EN GREY melakukan penampilan debut mereka di Amerika Selatan, termasuk keikutsertaan mereka dalam Maquinaria Festival di Chile.

Pada Januari 2010, DIR EN GREY menggelar konser dua hari di Nippon Budokan yang bertajuk UROBOROS –with the proof in the name of living…-, dimana seluruh tiket ludes terjual hanya dalam waktu 15 menit.

Selama tur domestik mereka sepanjang bulan Juni dan Juli, DIR EN GREY kempali ke Korea Selatan untuk tampil diPentaport Rock Festival dan pada bulan Agustus mereka tampil di Sonisphere Festival di Inggris dan juga konser debut di Rusia. Masih di bulan yang sama, berikutnya mereka kembali ke Amerika Utara dan menggelar tur 16 konser bersama APOCALYPTICA.

Selanjutnya pada tahun itu, mereka muncul untuk kedua kalinya dalam LOUD PARK 10 dan lagu Hageshisa to, kono mune no naka de karamitsuita shakunetsu no yami muncul sebagai salah satu lagu pengisi dalam film “Saw 3D”.

Selama ini (pada saat artikel ini ditulis) pada tahun 2011, DIR EN GREY telah merilis singel LOTUS, yang merupakan singel pertama mereka dalam empat belas bulan dan singel ini mencapai posisi keenam dalam tangga peringkat Oricon. Selanjutnya, DIR EN GREY merilis album studio mereka yang kedelapan DUM SPIRO SPERO di bulan Agustus 2011.

Pada 14 Mei, mereka menggelar tur khusus anggota klub penggemar resmi mereka yang bertajuk TOUR2011 DECOMPOSITION OF THE MOON yang dibuka dengan konser mereka di Zepp Osaka dan ditutup dengan penampilan mereka di Kyoto FAN. Sekaligus mereka  merilis singel terbarunya DIFFERENT SENSE pada bulan Juni dan di bulan berikutnya mereka akan kembali ke Eropa untuk melakukan TOUR2011 PARADOX OF RETALIATION yang akan dimulai di Belanda. Perjalan band ini sangat patut di apresiasi, bukan hanya mewarnai musik Jepang melainkan juga membuka pemuda Jepang bahkan anak muda seluruh dunia untuk berkarya melalui jalur musik.

 

Comments
Categories: News

One comment

  1. official statement said on June 23, 2017

    I just want to tell you that I’m newbie to blogging and site-building and actually enjoyed you’re web blog. Most likely I’m planning to bookmark your website . You certainly have great posts. Cheers for revealing your blog.

Leave a Reply

Note: Comments on the web site reflect the views of their respective authors, and not necessarily the views of this web portal. Members are requested to refrain from insults, swearing and vulgar expression. We reserve the right to delete any comment without notice or explanations.

Your email address will not be published. Required fields are signed with *