Erika Sawajiri

Hasil gambar untuk Erika Sawajiri

Erika Sawajiri (沢尻エリカ Sawajiri Erika, lahir 8 April 1986; umur 30 tahun) adalah seorang aktris sekaligus penyanyi dan jugamodel asal Jepang. Lahir dari ibu Aljazair-Perancis, dan ayah berkebangsaan Jepang. Sebagai penyanyi, ia pernah menggunakan nama alias Kaoru Amane, dan sekarang sebagai ERIKA (dalam huruf besar). Erika Sawajiri berada di bawah kantor manajemenStardust Promotion.

Erika memulai kariernya sebagai model sewaktu masih duduk di kelas 6 sekolah dasar (tahun 1997). Ia tampil pertama kali di majalah shojo manga Ribon, dan majalah fesyenNikola. Sesudah lulus SD, Erika memenangi audisi dan diterima sebagai artis di Stardust Promotion.

Pada tahun 2002, Erika terpilih sebagai salah satu pemenang kontes Fuji TV Visual Queen. Tahun berikutnya (2003), ia memulai kariernya di layar televisi dalam serial dramaHotman yang ditayangkan jaringan televisi TBS. Debutnya di layar perak dimulai dengan film Mondai no nai Watashitachi pada tahun 2004. Tahun berikutnya (2005), penampilannya dalam film Pacchigi! (2005) sebagai Lee Kyung-ja banyak mendapat pujian, dan menghasilkan sejumlah penghargaan sebagai aktris pendatang baru terbaik.

Pada tahun 2005, ia berhasil mendapat peran utama dalam serial drama 1 Litre of Tears. Drama 1 Litre of Tears yang berdasarkan kisah nyata ini memiliki versi Indonesia berjudul Buku Harian Nayla dengan cerita yang sama. Pada tahun 2006, Erika mendapat Penghargaan Élan d’or sebagai aktris pendatang baru terbaik, dan juga aktris pendatang baru terbaik menurut versi Penghargaan Golden Arrow.

Pada tahun 2006, Erika menjadi peran utama dalam serial drama Taiyou no Uta. Serial drama ini merupakan versi layar kaca dari film Midnight Sun yang diperankan oleh Yui. Serial drama tersebut ditayangkan di Jepang oleh stasiun televisi TBS dari bulan Juli hingga September 2006. Dalam drama tersebut, ia menyanyikan lagu tema dengan menggunakan nama Kaoru Amane. Lagu “Taiyou no Uta” menjadi lagu hit dan menduduki puncak tangga lagu Oricon selama dua minggu. Sepanjang tahun 2006, Erika Sawajiri tampil dalam film Sugar&Spice, Ghost Train (Otoshimono), Tenshi no Tamago – Angel Egg, dan Tegami.

Pada 16 Juli 2007, sebagai ERIKA, ia merilis singel berjudul “Free” yang begitu dirilis langsung menduduki urutan nomor satu tangga lagu Oricon.

Comments
Categories: News

No comments yet, be the first to leave one!

Leave a Reply

Note: Comments on the web site reflect the views of their respective authors, and not necessarily the views of this web portal. Members are requested to refrain from insults, swearing and vulgar expression. We reserve the right to delete any comment without notice or explanations.

Your email address will not be published. Required fields are signed with *