Noxa

Noxa adalah salah satu band  grindcore indonesia yang dibentuk tahun 2002 di Jakarta oleh drummer Robin Hutagaol Dan gitaris Ade Himernio Adnis. Band ini dikenal karena bermain grindcore disertai dengan sosiologi politik dan kemanusiaan lirik, hal itu pun menjadi ciri khas musik band mereka.

 noxa1

Band ini dibentuk oleh Robin Hutagaol dan Ade Himernio Adnis. Mereka segera mengambil vokalis Tonny Christian Pangemanan dan bassist Dipa Biomantara. Keempat anggota band bersama universitas yang sama seperti siswa dan sudah saling kenal selama bertahun-tahun, kadang-kadang melakukan beberapa gigs lokal bersama-sama. Pada awalnya mereka memainkan lagu-lagu dari band-band grindcore seperti Nasum dan Napalm Death . Nama Noxa sendiri mereka ambil dikarena salah satu anggota band mereka tertarik dengan makna dari nama Noxa. Noxa sendiri berarti sesuatu yang memberikan sebuah efek yang merugikan pada tubuh.

Pada bulan November 2002, band ini masuk studio rekaman untuk pertama kalinya. Pada saat itu mereka merekam album debut. Di bawah label mereka sendiri Noxa Records, band ini merilis self-titled album debut Noxa pada Agustus 2003. Hal ini diikuti oleh beberapa pertunjukan di Malaysia dan Singapura .

Dua tahun setelah rilis Noxa, band ini sekali lagi masuk studio untuk merekam album kedua mereka Grind Virus. Album ini dirilis pada tahun 2006 dan menampilkan beberapa musisi termasuk Keijo Niinimaa dari Rotten Suara sebagai penulis lirik dalam lagu Kelaparan. Awalnya dirilis oleh Noxa Records, album itu kemudian kembali dirilis oleh Tetap Heavy Records pada tahun 2008. Pada tahun yang sama, band ini bermain di Tuska Open Air Festival Logam .

rubin-noxa

 

Pada tanggal 17 Januari 2009 Noxa berduka cita, drummer Robin Hutagaol meninggal dunia dalam kecelakaan sepeda motor . 6 bulan kemudian, ia digantikan oleh Alvin Eka Putra, ini diikuti oleh berencana untuk merekam album ketiga. Selama masa ini, Noxa bermain di Obscene Festival Ekstrim di Republik Ceko.  Album Legacy ketiga tercatat pada awal 2011. Ini berisi 19 lagu, tujuh dari yang sebelumnya Drum dilacak oleh Robin Hutagaol sebelum kematiannya. Album ini dirilis pada bulan Juli 2011 melalui Off The Record  dan sekali lagi juga menampilkan musisi lain termasuk Jason Netherton dari Misery Index dan Shance McLachlan dari band Phobia.

 

Comments
Categories: News

2 comments

  1. Ward Kimbrow said on June 13, 2017

    Its like you read my mind! You appear to know a lot about this, like you wrote the book in it or something. I think that you could do with some pics to drive the message home a bit, but instead of that, this is great blog. A great read. I’ll certainly be back.

  2. More Help said on June 23, 2017

    I simply want to say I am very new to blogs and really loved this blog. More than likely I’m going to bookmark your site . You surely come with terrific posts. Thanks for sharing your blog site.

Leave a Reply

Note: Comments on the web site reflect the views of their respective authors, and not necessarily the views of this web portal. Members are requested to refrain from insults, swearing and vulgar expression. We reserve the right to delete any comment without notice or explanations.

Your email address will not be published. Required fields are signed with *