Superman Is Dead

Superman Is Dead (disingkat S I D) adalah sebuah grup musik berasal dari Bali, bermarkas di Poppies Lane II – Kuta. S I D beranggotakan tiga personil yang semuanya merupakan pemuda asal Bali asli, yaitu: Bobby Kool sebagai gitaris merangkap vokalis, Eka Rock sebagi bassis, dan Jerinx sebagai drummer.

Superman Is Dead yang biasanya dipanggil S I D ini terbentuk pada tahun 1995. Awal mula terbentuknya SID (Superman Is Dead) dimotori oleh anggota band heavy metalThunderbernama I Made Ari Astina atau sering dipanggil Jerinx yang ingin membentuk band baru. Dan drummer band new wave punk Diamond Clash bernama I Made Budi Sartika yang biasa dipanggil Bobby Kool ingin menjadi gitaris dan vokalis pada saat itu.

Jerinx dan Bobby bertemu di KutaBali. Mereka kemudian sepakat untuk membentuk sebuah band. Pada saat itu bergabung pula I Made Bawa yang lebih dikenal dengan nama lain Lolot mengisi posisi pemain bass. Band mereka pada awalnya membawakan lagu-lagu dari Green DayNOFX. Di kemudian hari, inspirasi musikal S I D bergeser ke genre Punk ‘n Roll à la grup musik SupersuckersLiving End dan Social Distortion.

Tidak lama setelah band terbentuk, Lolot keluar dari band dan memutuskan untuk berkonsentrasi pada proyek band yang lain. kelak Lolot akan lebih dikenal sebagai musisi lagu-lagu berbahasa Bali. Kekosongan sesi bass akhirnya diisi oleh personel baru yang bernama Eka Arsana yang panggil akrap mereka Eka Rock. Pada saat itu mereka menamakan band mereka dengan nama belum bernama Superman Is Silver Gun.

Pada perkembangannya nama Superman Is Silver Gun dirasa kurang cocok, selain merupakan comotan judul sebuah lagu dari kelompok musik Stone Temple Pilots juga kurang memiliki makna. Bergantilah nama band mereka menjadi Superman Is Dead atau disingkat SID. Superman Is Dead mempunyai arti bahwa manusia yang sempurna hanyalah illusi belaka dan imajinasi manusia yang tidak akan pernah ada. Penggemar Superman Is Dead laki-laki disebut Outsiders, dan Lady Rose bagi perempuan.

Dalam perjalanan musik mereka, mereka berhasil merilis album dan diantara album mereka merupakan album terbaik selama mereka berkarir dan turut mengangkat berbagai penghargaan seperti album:

album-sid

Kuta Rock City

Kuta Rock City dirilis secara resmi pada Maret 2003 dibawah label Sony Music Indonesia. Dengan single-single andalannya yaitu Punk Hari Ini dan Kuta Rock City yang kental dengan pengaruh Green Day dan NOFX langsung membuat nama SID disejajarkan dengan band-band rock.Selain beberapa lagu baru, SID juga menambahkan beberapa lagu lama dari album indie mereka tetapi dengan aransemen yang lebih baik dan baru. Album perdana SID ini langsung melambungkan nama SID sebagai band pendatang baru terbaik. Selain itu pula, ini merupakan langkah pertama SID di mayor label yang menimbulkan beberapa kontroversi di kalangan punk.

The Hangover Decade

Album yang dirilis tahun 2005 ini merupakan penanda 10 tahun SID berdiri. Di album keduanya SID masih mengambil jalur Punk seperti pada album Kuta Rock City, Di Album ini SID kembali memasukkan beberapa lagu lamanya seperti Long Way to The Bar, TV Brain, Bad bad bad, dan Beyond This Honesty.

Black Market Love

Album ketiga ini terkesan lebih dewasa, dengan lirik yang bercerita tentang kemarahan alam, keserakahan manusia, keadaan sosial dan politik. Dengan memasukkan unsur-unsur alat musik seperti akordion, trompet dan keyboards, seperti pada lagu Bukan Pahlawan dan Menginjak Neraka. Album ini dirilis tahun 2006.

Angels and the Outsiders

Album keempat yang dirilis tahun 2009 pada mayor label ini mengesankan bahwa semakin dewasanya SID. Masih seperti album sebelumnya, SID tetap mengandalkan lirik sosial dan perlawanan terhadap penindasaan. Album kali ini SID masih memainkan musik punkrock dengan sentuhan rock n’ roll. Album SID ini menuai keberhasilan. Salah satunya adalah SID berhasil diundang ke Warped Tour Festival di Amerika Serikat dan melaksanakan tour di beberapa kota di USA. Ini merupakan keberhasilan SID karena merupakan satu-satunya band Indonesia dan band kedua di Asia yang dipanggil ke Warped Tour walaupun album mereka tidak dirilis di USA.

The Early Years, Blood, Sweat and Tears

Album khusus yang dirilis terbatas dalam bentuk bentuk vinyl atau piringan hitam versi long play atau LP tahun 2012. Mereka memasukkan karya terbaik mereka dari tahun 1997 hingga tahun 2001. Sampul album The Early Years, Blood, Sweat and Tears menggambarkan suasana Poppies Lane II – Kuta pada era 80an ketika wilayah tersebut belum ada bangunan dan hanya ditumbuhi pohon kelapa dan rumput.

Sunset Di tanah Anarki

Album ini adalah album kelima dari Superman Is Dead yang dirilis pada tahun 2013 dengan genre punk rock-nya Superman Is Dead mengedepankan lagu Jadilah Legenda. Di album ini terdapat 17 lagu, masih seperti album-album sebelumnya Superman Is Dead masih membahas tentang perlawanan terhadap penindasan, ketidakadilan dan tirani di negeri ini sebagai ciri khas dari Superman Is Dead.

Tercatat 15 penghargaar yang berhasil mereka raih sejak tahun 2003 sampai 2015, keberhasilan mereka tidak terlepas dari pengaruh Rudolf Dethu. Rudolf Dethu merupakan orang yang paling bertanggungjawab terhadap keberhasilan Superman Is Dead, termasuk bagaimana bertahan dengan industri tetapi bercita rasa punk a la Gillman Street dan pengembangan rock abilly di kemudian hari. Mantan pelaut ini kemudian menjadi penulis dan pembicara perihal musik.

Comments
Categories: News

No comments yet, be the first to leave one!

Leave a Reply

Note: Comments on the web site reflect the views of their respective authors, and not necessarily the views of this web portal. Members are requested to refrain from insults, swearing and vulgar expression. We reserve the right to delete any comment without notice or explanations.

Your email address will not be published. Required fields are signed with *