TUTORIAL VOCAL GROWL & SCREAM

Olah vokal scream itu bukan hanya asal berteriak saja atau menyedot suara, tapi scream itu ada teknik-tekniknya. Jika kita melakukan vokal scream yang asal-asalan bisa berakibat pada perubahan suara kita, bahkan yang lebih bahayanya lagi pita suara kita bisa putus.Sebelum beranjak ke teknik scream dan growl, kita perlu mengenal apa itu scream sama growl biar kita tidak salah menafsirkan. Scream yang dalam bahasa indonesianya berarti berteriak.

Teknik ini biasanya dipakai oleh band-band genre Emo dan Screamo, contohnya yang sekarang yaitu Bring me horison, saint loco dan “dulu” di indonesia juga ada yaitu Killing me inside, tapi sayang sekarang sudah ganti genre.

Teknik scream adalah teknik dimana kita mengandalkan suara dari kerongkongkan tenggorokan yang menggunakan teknik vibrato atau getaran.

Sedangkan growl yang dalam bahasa indonesianya berarti mengeram atau erangan biasanya digunakan oleh band-band underground seperti spultura, criminal vagina, dan lain-lainya.

Teknik growl adalah teknik dimana kita menyedot suara kita dan menghasilkan suara yang dalam dan randah mengerikan, tapi kita juga harus hati-hati menggunakan teknik ini soalnya kita bisa-bisa batuk-batuk dan kehilangan suara.

  1. SCREAM :

Untuk teknik yang satu ini banyak yang mengatakan bahwa teknik yang satu ini sangat susah karena teknik ini banyak nguras tenaga.
usahakan agar terjadi Distorsi di tenggorokan dan pelebaran bentuk mulut sehingga menghasilkan suara yang khas asli suara lu.
untuk mengeluarkan distorsi di tenggorokan ada cara -caranya :
– cobalah berkata “Heahhh” tapi cara pengeluarannya adalah seperti saat kita berkata “Ehemm – Ehemm” yang menyebabkan tenggorokan kita seperti bergetar
– coba lakukan langkah pertama itu dengan tambahan SCREAM
– lalu untuk membuat suaranya menjadi tinggi, mainkan bentuk mulut lu. seperti halnya kalau ingin semakin tinggi kita harus lebarkan mulut kita (tapi lu kontrol,,tar ngiler lagi)
buat lu yang ingin belajar teknik yang satu ini. sering seringlah mendengarkan lagu – lagu dari band yang memakai teknik ini, dari sana pasti lu akan menemukan letak penting dari teknik FALSE ini. Nah kalo suara yang mirip-mirip scream gini biasanya gua bisa ngeluarin kalo power gua lagi ada apalagi kalo di tanah lapang gua teriak “Arrrrrgh” aja udah ada suara yang serak-serak ampir mirip scream

Band yang memakai teknik ini : saya kira karena teknik ini salah satu dasar dari teknik – teknik vocal scream jadinya cukup banyak yang memakai teknik seperti ini.

Contohnya : The Used, Alesana, Walls of Jerricho, etc.

  1. GROWL :

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa tekhnik terpenting dalam berlatih/menggunakan Growl adalah membentuk keseimbangan antara gaya yang digunakan pada pita suara dengan diafragma. Hal ini disebabkan jika hanya menggunakan pita suara saja, maka suara yang dihasilkan tidaklah begitu nge-Growl dan hanya akan memberikan tekanan berlebih pada tenggorokan, dan mungkin pita suara lu bisa rusak,
Teknik yang paling tepat adalah dengan mengeluarkan udara dari diafragma secara benar, perlahan dan merata pada seluruh kata

Teknik yang satu ini memiliki nama lain yaitu “Scream Rendah” karena pada dasarnya teknik ini sama seperti scream, cuman bedanya hanya dari keadaan bentuk mulut kita saat melakukannya. Ketika kita melakukan scream, bentuk mulut kita biasanya kita buka lebar-lebar, namun ketika kita ingin melakukan growl bentuk mulut kita harus dibentuk seperti pelafalan huruf ” O ” sehingga suara yang dihasilkan menjadi lebih rendah.
(nb : jika kita tidak terbiasa melakukan vokal growl, terkadang kita merasakan sangat gatal pada tenggorokan yang menyebabkan groel kita terputus-putus).

Band yang memakai teknik ini : kalau GROWL biasanya hampir dipakai oleh semua band-band beraliran Underground dan Metal.

Contohnya : The Black Dahlia Murder, Underoath, Atreyu, Carnifex , etc.

  1. GRUNT

Teknik ini adalah yang paling mudah. karena cara nge grunt bertolak dengan growl dan scream.yaitu dengan cara menyedot nafas ke tenggorokan.
Band yang memakai teknik ini : Sama seperti scream, teknik ini termasuk dasar dari teknik-teknik vocal scream sehingga cukup banyak band-band Undeground yang memakai teknik ini.

Contohnya : Amon Amarth, Job for a Cowboy, Suicide Silence, etc.

  1. PIG SQUEALING

Teknik yang satu ini adalah modifikasi dari Grunt karena pada awalnya teknik ini sama dengan Grunt (sama sama menyedot) namun suara yang dihasilkan lebih terdengar seperti “Mendengkur” dan lebih melengking daripada Grunt. Cara untuk Menciptakan suara ” Dengkuran ” tersebut adalah dengan melipat lidah kita kebelakang lalu baru kita sedot dengan teknik Grunt yang melengking namun santai,

Band yang memakai teknik ini : karena teknik ini terbilang agak sulit, jadinya band yang memakai teknik ini tidak sebanyak seperti ketiga teknik scream yang sebelumnya. Biasanya pig squeals banyak ditemukan di band-band Metal yang lebih condong ke arah Death Metal atau Grindcore.

Contohnya : Job for a Cowboy, Mucopus, Guttural Secrete, etc.

  1. FRY

Teknik ini juga merupakan teknik modifikasi dari scream dan juga merupakan salah satu teknik vokal scream yang sering saya lakukan. Seperti namanya teknik ini kalo kita dengar suaranya seperti suara yang keluar dari tenggorokan yang kering. Tapi akhir-akhir ini saya sharing dengan beberapa vokalis band yang mempunyai karakter vokal fry, mereka mengatakan bahwa teknik ini adalah ciri suara mereka.
Saat itu saya tidak percaya, tapi setelah saya melihat cara mereka memakai teknik ini, akhirnya saya memang bisa menyimpulkan kalau teknik ini memang adalah ciri khas dari masing-masing karakter suara vocal seseorang

Band yang memakai teknik ini : karena teknik ini terbilang cukup mudah, maka cukup banyak juga band – band yang memakai teknik ini

Contohnya : Bless The Fall, Bullet For My Valentine, Bring Me The Horison, etc

Comments
Categories: News