7 Hal Penting Utuk Mulai Bermain Sepeda Downhill

Bersepeda adalah hal yang sangat menyenangkan apalagi kalau dilakukan secara bersama-sama. Bersepeda pun banyak ragam aktifitasnya yang membuat jenis sepeda itu pun menjadi beragam, fixie, sepeda balap, BMX, sepeda gunung, sepeda lipat adalah beberapa contoh jenis sepeda yang saat ini sedang marak di didunia. Dari beberapa contoh tersebut ada 1 jenis sepeda yang saat ini paling diminati oleh masyarakat yaitu sepeda gunung, mengapa paling diminati? Karena sepeda gunung ini sangat multi fungsi dan nyaman untuk digunakan baik itu untuk sehari-hari ataupun untuk trek yang jauh.

Walaupun hampir semua orang yang mempunyai sepeda memiliki sepeda jenis ini, namun sangat disayangkan kebanyakan dari mereka hanya menggunakan sepeda gunung tersebut untuk keperluan sehari-hari ataupun hanya melintasi jalur perkotaan padahal sejatinya sepeda gunung untuk melintasi trek pegunungan ataupun offroad. Peruntukkan yang tidak maksimal ini biasanya disebabkan oleh ketidak tahuan mereka akan jenis-jenis aktifitas yang bisa dilakukan dengan sepeda gunung. Salah satu pilihan aktifitas yang menyenang yang dapat dilakukan oleh sepeda gunung adalah bermain downhill, dan dalam artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara memulai aktifitas sepeda downhill
Saya sudah mempunyai sepeda gunung, dan Saya ingin mencoba bermain lintasan offroad atau bermain di lintasan pegunungan. Apa yang harus Saya lakukan ?
Sangat mudah untuk memulai bermain sepeda dengan lintasan pegunungan, caranya adalah kita hanya cukup membawa sepeda kita ke daerah-daerah pegunungan seperti puncak. Sobat kendaly bisa melintasi perkebunan teh dengan jalur yang cukup variatif namun tidak membahayakan.
Saya sudah bermain sepeda di lintasan pegunungan dan Saya ingin mencoba bermain downhill, dimana tempat yang terbaik untuk memulainya?
Saat para sobat sudah mulai terbiasa dengan lintasan offroad dengan trek yang menurun, para sobat sudah bisa mulai mencoba bermain downhill. Untuk pertama-tama para sobat sangat disarankan untuk mencoba lintasan yang mudah. Untuk lokasi bermain downhill para sobat bisa memcoba di beberapa tempat seperti Trek Cihuni Tangerang, Trek Jati Asih Bogor-Bekasi, Trek Jayagiri Lembang Bandung, Trek Cikole Lembang Bandung dan sebagainya. Kunci dalam bermain downhill adalah percaya diri dan hilangkan rasa takut, karena kedua hal tersebut akan membuat para sobat lebih menikmati bersepeda downhill.
Apakah Saya membutuhkan sepeda yang khusus ?
Apabila untuk permulaan para sobat tidak perlu membeli ataupun merakit sepeda yang khusus untuk bermain downhill, sepeda gunung keluaran produksi sekarang-sekarang ini sudah bisa digunakan walaupun memang kurang maksimal, namun sepeda tersebut sudah cukup bagi para sobat untuk mulai berkenalan dengan aktifitas bersepeda ini. Akan tetapi apabila para sobat kendaly ingin menaikkan tingkat permainan downhill ke tingkat yang lebih sulit, barulah sepeda khusus tersebut dibutuhkan. Para sobat bisa membeli sepeda jadi keluaran merk-merk ternama ataupun bisa merakit sendiri sesuai kebutuhan dan keinginan kalian di workshop-workshop sepeda di daerah terdekat.
Adakah perlengkapan tambahan yang dibutuhkan seperti helm atau pelindung ?
Helm full face, pelindung lutut dan sarung tangan adalah perlengkapan yang harus dimiliki apabila kita ingin bermain downhill. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan dalam downhill mempunyai resiko kecelakaan, dan kita harus siap dengan segala resiko tersebut. Untuk membeli perlengkapan tersebut para sobat bisa membeli secara online atau dengan mengunjungi workshop – workshop sepeda yang mana biasanya menjual banyak perlengkapan sepeda.

Apakah aktifitas ini membutuhkan latihan yang khusus?
Kemampuan dan keterampilan sangat vital dalam aktifitas ini, para sobat harus melatih keterampilan dan kemampuan dasar dahulu sebelum memikirkan akan kecepatan. Kepercayaan diri saat diudara dan kemampuan berbelok sangat penting, selain itu kekuatan otot pun sangat penting sehingga dibutuhkan latihan otot baik itu otot kaki ataupun otot tubuh bagian atas. Cobalah berlatih di berbagai trek seperti BMK, skate park dan termasuk pump track untuk berlatih melompat,

Apakah Saya membutuhkan ijin khusus?
Apabila para sobat hanya ingin bersenang-senang dan bukan untuk ikut kompetisi, para sobat tidak membutuhkan ijin khusus untuk bermain downhill. Namun apabila untuk mengikuti suatu kompetisi, ada beberapa jenis kompetisi yang membutuhkan ijin khusus dan biasanya kompetisi dengan skala nasional membutuhkan suatu ijin khusus, sedangkan untuk kompetis yang bersifat regional tidak membutuhkan ijin khusus.

Apakah downhill bagus untuk anak-anak? Bagaimana cara mereka memulainya?
Downhill sangat bagus untuk anak-anak, banyak sekali orang tua yang mengajak anak-anak mereka bersepeda gunung di lintasan pegunungan. Anak-anak sangat cepat belajar dalam melakukan trek-trek yang mudah. Ada juga trek-trek yang juga menyediakan lintasan untuk anak-anak umur 10-12 tahun. Lakukan sedikit cross country, temukan pump track untuk melatih loncatan. Intinya adalah ambil sepeda kamu dan bermain serta berlatih. Matangkan kemampuan dasarnya dan para sobat siap untuk bermain downhill

Comments
Categories: News