8 HAL YANG HARUS KAMU KETAHUI SEBELUM MELAKUKAN ROCK/WALL CLIMBING

Hiking – “Ayo!”, Bersepeda – “Siapa takut?”. Rock Climbing??? Banyak orang berpikir 2 kali untuk melakukan olahraga ini dikarenakan keraguan atau ketidak mapuan akan kemampuan atletis mereka. Wajar saja karena sangat tidak mudah untuk bergelantungan setinggi paling tidak 15 meter dan hanya berpegangan pada seuntai tali, benar-benar butuh keahlian dan kekuatan yang sangat mumpuni.

Tapi kalau memang sobat kendaly ingin melakukan rock climbing tapi masih belum berani atau merasa belum mempunyai kemampuan yang mumpuni, sobat bisa memulainya dengan melakukan wall climbing. Wall climbing lebih tidak menakutkan dibandingkan rock climbing. Dan wall climbing adalah sarana yang tepat bagi para sobat untuk mengasah keberanian dan dalam olahraga climbing adalah keberanian. Selain dari keberanian, ketenangan juga sangat penting dalam olahraga ini. Dalam olahraga climbing juga dibutuhkan fisik dan mental yang sempurna, dan untuk mencapai itu semua dibutuhkan latihan yang sering sehingga kita mempunyai pengalaman yang dapat membantu kita saat kita melakukan climbing.

Dalam melakukan olahraga pastinya kita membutuhkan tips-tips pada saat melakukan climbing, apalagi kalau kita masih berstatus pemula. Berikut 8 hal yang harus kita ketahui sebelum kita melakukan Rock/Wall Climbing.

Pilih Posisi yang Pas Buat Kamu

 Ada beberapa jenis dari climbing. Coba semua jenis tersebut untuk mengetahui mana yang paling cocok untuk kamu. Top-roping dengan rekan yang ditambatkan dengan tali akan membuat pemanjat pemula menutup banyak jarak dari dinding panjat. Apabila tidak mempunyai partner, jangan takut karena sobat bisa menggunakan tambatan otomatis.

Apabila sobat belum berani untuk memanjat dengan ketinggian yang lumayan, sobat kendaly bisa melakukan bouldering atau panjat batu yang tidak terlalu tinggi.

Kemudian, apabila sobat menyukai olahraga outdoor, sobat bisa melakukan sport climbing, dimana para climber mengikuti rute yang telah ditentukan dengan memasang pancang.

650206-rock-climbing-photo

Gunakan Perlengkapan Yang Sesuai

Alas kaki yang tepat adalah salah satu kunci dalam memanjat. Hal tersebut bertujuan supaya kita mendapatkan feel yang pas dan lebih mempunyai pijakan yang pas dalam memanjat. Jangan gunakan kaos kaki apabila kamu memakai sepatu mu sendiri atau gunakanlah kaos kaki yang tipis. Pada bouldering (panjat batu) perlengkapan lain yang sobat butuhkan selain sepatu adalah tas kapur. Untuk top-roping, para pemanjat membutuhkan harness, lead rope dan chalk bag. Untuk carabiner dan alat untuk tambatan biasanya bisa kita sewa di tempat wall climbing namun akan lebih baik kalau kita mempunyai sendiri alat-alat itu sendiri.

gear

Pelajari Tali Panjatmu

Setelah sobat kendaly mempunyai semua peralatan dasar, sekarang sobat harus belajar bagaimana melakukan penambatan dengan benar. Dan para pemanjat haruslah mempunyai sertifikat dalam melakukan penambatan, jadi disarankan untuk mengambil kelas dalam hal penambatan. Penambatan sangat penting untuk dilakukan secara sempurna karena dengan penambatan yang sempurna akan lebih meningkatkan keamanan dalam memanjat dan akan lebih membantu kita dalam menyelasaikan panjatan kita.

81ilwsqx4l-_sl1500_

Pilih Rute Panjatan Kamu

Rute pada top-roping selalu diawali oleh angka 5, kemudian diikuti dengan angka koma dibelakangnya, angka dibelakang koma tersebut menunjukkan tingkat kesulitan dari panjatan. Sedangkan pada bouldering tingkat kesulitan rute dapat dilihat dari V-scale yang diawali dengan V0.

Setelah sobat kendaly memilih jalur panjatan, mulailah dengan menggunakan dua tangan dengan kaki masih tetap menyentuh tanah/lantai. Lalu ikuti jalur yang ditandai oleh warna untuk memanjat dinding ke atas. Beberapa rute tidak mempunyai pijakan dua kaki pada awalannya, jadi sobat kendaly dapat memijakkan satu kaki di dinding dan memulai panjatan.

_main_rockclimbing

Latih otot-otot mu

Dalam melakukan olahraga panjat tebing membutuhkan kekuatan tubuh bagian atas, namun otot-otot yang lain juga sangat penting. Sangat bagus sekali apabila sobat kendaly melakukan olahraga senam, yoga atau pilates sehingga akan menguatkan otot kaki. Selain itu otot jari dan tangan juga harus dilatih

image8

Pertahankan Tanganmu Untuk Tetap Lurus

Bayangkan pada saat kamu sedang membawa barang belanjaan saat kamu ke supermarket? Pasti kamu membawanya dengan tangan yang lurus karena apabila dengan tangan yang bengkok akan terasa berat. Dan dalam panjat tebing pun berlaku hal yang sama karena kita akan lebih kuat dalam mencengkram pegangan dan mengangkat tubuh kita, pada saat yang sama pertahankan kaki untuk tetap bengkok supaya lebih mudah dalam mendorong tubuh kita untuk naik.

big_thumb_910583a1973ddd4d5d3314a6f86a0fa6

Rencanakan Panjatan mu

Suatu langkah yang pintar apabila sobat kendaly membayangkan urutan gerakan tangan dan kaki pada dinding panjatan sebelum kamu memulai panjatan kamu. Banyak pemanjat yang melakukan itu semua untuk melakukan panjatan dengan lebih efisien dan lebh benar. Dan selalu perhatikan petunjuk yang ada sekitar dinding panjat kamu, perhatikan pegangan mana yang terdapat tanda kapur dan pijakan mana yang terdapat bekas karet yang berasal dari sepatu.

rock-climbing-4

Persiapkan Diri Sebelum Panjang Tebing Ootdoor

Panjat tebing didalam gym sangat berbeda dengan panjat tebing outdoor. Tingkat kesulitan akan semakin sulit untuk dilewati. Ditambah, sobat kendaly juga dilatih oleh instruktur dan di outdor lingkungan juga akan sangat sulit untuk di control. Sobat kendaly benar akan akan bergantung pada keadaan alam dan juga cuaca, dikarenakan hal itulah maka persiapan sangat dibutuhkan karena saat keadaan alam tidak bersahabat maka dengan persiapan yang sudah kita siapkan akan membuat kita akan lebih mudah untuk melewati hambatan itu sendiri.

rock-climbing-in-omis

Comments
Categories: News