BMX

BMX muncul pada awal tahun 70an di California ketika anak-anak mulai bermain dan balapan sepeda mereka di lintasan tanah. Schwinn Sting-Rays, Huffys dan sepeda-sepeda ‘muscle’ sejenis di era tersebut adalah satu-satunya pilihan disaat itu dan sepeda-sepeda tersebut berevolusi menjadi sepeda balap BMX yang kita kenal sekarang. Part-part orisinil seperti rangka, roda dan komponen-komponen lainnya sangat sulit didapatkan pada saat itu, namun hal itu berubah setelah ada beberapa produsen-produsen kecil seperti Redline dan Profile Racing mulai memproduksi part yang lebih ringan dan lebih kuat seperti fork, chainrings, dan handlebars. Pada tahun 1974 olahraga BMX menjadi sangat popular dikalangan anak muda, sudah mulai bermunculan produsen-produsen sepeda yang memproduksi sepeda BMX. Pada bulan April 1981, federasi internasional BMX didirikan, dan kompetisi internasional pertama kali digelar pada tahun 1982.

SANYO DIGITAL CAMERA
Pada awal-awal tahun 80an BMX mengalami kemunduran, penjualan BMX mengalami era yang cukup sulit. Tapi setelah mengalami tahun-tahun yang sulit, BMX secara perlahan namun pasti mengalami kemajuannya kembali yang disebabkan oleh adanya fans-fans fanatic yang tetap dengan setia bermain BMX hingga akhirnya pada tahun 2003 BMX menjadi salah satu cabang olahraga yang dilombakan di olimpiade. Hal tersebut menyebabkan semakin popolernya olahraga BMX.

Trik-trik dan gaya-gaya bersepeda dari BMX telah ada membayangi balapan sepeda BMX, jenis-jenis gaya dan trik bmx diawali oleh flatland, vert dan dirt-jumping yang kemudian berkembang di tahun-tahun berikutnya dengan hadirnya street riding dan bmx park. Masing-masing gaya dari BMX tersebut membutuhkan spesifikasi sepeda BMX yang berbeda-beda dan hal ini menyebabkan kita tidak bisa membeli sepeda bmx dengan secara asal.

www-bigw-com-au

Sepeda BMX yang berkualitas saat ini tersedia dalam ukuran roda yang berbeda yaitu dari 18” sampai dengan 29” yang akan nyaman bagi semua orang dengan kriteria berbeda-beda. Walaupun banyak sepeda bmx tidak akan bermain dirt jump, melihat trek balap ataupun skate park, BMX telah berevolusi dengan sangat baik, tangguh, dapat diandalkan dan sangat sederhana yang membuat sepeda ini disukai oleh jutaan anak muda di dunia. Suatu konsep dasar akan sepeda yang sederhana, tangguh dan dapat diandalkan yang tak akan lekang oleh waktu.

 

Comments
Categories: News