EVOLUSI SKATEBOARDING

Skateboard sudah menjadi tren dikalangan anak muda, olahraga ekstrim yang paling popular ini sudah menjadi suatu fenomena dunia dan bahkan sudah bisa mensejajarkan posisinya bersama dengan olahraga-olahraga tradisonal seperti sepakbola, basket ataupun baseball. Para orangtua pun sudah tidak ragu ataupun menentang keinginan anak-anak mereka yang lebih memilih bermain skateboard disbandingkan olahraga pada umumnya. Bahkan banyak dari para orang tua yang mendukung dan mensupport anak-anak mereka untuk bermain skateboard, hal tersebut dikarenakan bahwa image olahraga ini tidak seperti masa awal kemunculan olahraga ini. Skateboard benar-benar telah mencapai puncak ketenarannya dalam waktu yang cukup singkat, berikut sekelumit sejarah evolusi skateboard di dunia.

 

1950an

 

Para peselancar di California mempunyai ide gila untuk melucur di jalan aspal/beton, untuk itulah mereka akhirnya menciptakan skateboard. Skateboard yang pertama kali ada tidak pernah ditemui dan dibuktikan, hal tersebut dikarenakan ini adalah penemuan yang secara spontan dilakukan oleh beberapa orang. Skateboard pertama kali terbuat dari papan kayu dengan roda sepatu roda dan dinaiki oleh para peselancar, bisa dibayangkan apa tanggapan orang saat melihat lelaki berambung panjang dengan penampilan yang urakan meluncur di jalanan dengan menggunakan papan seluncur, kesan radikal pasti akan muncul dibenak semua orang.

1960an

Pada tahun 1963 skateboarding meraih puncak ketenarannya, perusahaan-perusahaan seperti Jack’s, Hobie dan Makaha mulai mengadakan kompetisi Downhill Slalom dan freestyle dimana skater-skater seperti Torger Johnson, Woody Woodward dan Danny Berer iktu andil dalam kompetisi tersebut. Lalu pada tahun 1965 dikarenakan oleh sesuatu hal skateboarding mengalami kematian, skateboarding seakan menghilang dalam waktu semalam. Hal ini sangat dimungkinkan oleh anggapan bahwa oleharaga ini sangat berbahaya, roda yang dipakai sangat rentan untuk terjadi kecelakaan dan cidera.

tumblr_m6k9031qff1qzjefho1_1280

1970an

Pada era ini semua berubah, penemuan roda urethane oleh Frank Nasworthy bersama perusahaan bentukannya Cadilac Wheels pada tahun 1972 adalah alasannya. Pada tahun1975 skateboarding mendapatkan dorongan yang sangat dibutuhkan. Di Del Mar, California diadakan slalom dan kontes freestyle yang diadakan di Ocean Festival. Pada hari itu, tim Zephyr menunjukkan bagaimana caranya bermain skateboarding. Mereka bermain skate dengan cara yang tidak pernah dilihat oleh orang sebelumnya, bermanuver rendah dan sangat halus, dan saat itu skateboarding berubah dari sesuatu yang sekedar hobi menjadi lebih serius dan menarik. Tim Zephyr mempunyai banyak anggota, tapi dari sekian banyak anggotanya ada 3 yang paling menonjol mereka dalah Tony Alva, Jay Adams dan Stacy Peralta. Pada tahun 1978 lompatan Ollie lahir, adalah Alan Gelfand (nickname “Ollie”) yang menemukan maneuver lompatan yang merubah gaya bermain skateboard sampai saat ini. Pada akhir tahun 1970an skatepark dibangun dan membuat skateboarding makin dikenal oleh public.

zephyrteamphoto

1980an & 1990an

Pada era ini skateboarding terus tumbuh sebagai gerakan anti kemapanan. Para skater mulai membangun ramp dihalaman rumah mereka, yang mana hal tersebut menjadi masalah bagi para perusahaan konstruksi karena banyak dari kayu-kayu mereka hialng entah kemana. Tapi jangan dilupakan bahwa perusahaan-perusahaan konstruksi adalah bagian dari kemapanan yang mana membuat para skater tidak peduli dengan hal tersebut. Selain dari ramp yang dibangun di halaman belakang rumah mereka, hadirnya banyak skatepark serta mulai turun kejalannya para skater juga membuat pertumbuhan skateboarding makin tumbuh. Pada masa-masa ini banyak bentuk-bentuk baru dari papan skateboard muncul yang memungkinkan para skater bisa melewati halangan-halangan yang sebelumnya sulit untuk di lakukan. Pada tahun 1980an juga terjadi penemuan penting yang memegang peranan dalam perkembangan skateboarding. Stacy Peralta dan Tim George Powell’s Bones Brigade mulai merekam video aksi-aksi mereka yang mampu meraih anak-anak diseluruh dunia. Tim tersebut berisikan diantaranya Steve Caballero, Tony Hawk, Mike Mcgill, Lance Mountain, Rodney Mullen Stacy Peralta dan Kevin Staab.

Pada akhir tahun 1980an skateboarding kembali mengalami kemunduran, namun diawal 1990an skateboarding kembali bersinar bersamaan dengan menjamurnya music punk yan mempunyai jiwa yang sama. Lalu pada tahun 1995 ESPN mengadakan X-Games yang pertama yang sangat sukses dan berhasil mengangkat skateboarding ke dunia mainstream dan lebih dikenal oleh lebih banyak anak-anak muda.

tony-hawk-barcelona-2010-6-original

Tahun 2000an & Sekarang

Skatepark bermunculan dimana-mana dan video game skateboarding membuat semua anak menjadi skater. Banyak sekali perusahaan-perusahaan muncul dan menjadi lebih diterima oleh public. Anggapan bahwa skateboarding adalah suatu tindak criminal mulai berkurang. X-Games terus menjadi semakin terkenal dengan skateboardingnya, Salah satu factor terbesar yang membuat skateboarding menjadi sangat besar adalah fakta bahwa banyak skater professional yang mampu menghasilkan uang yang sangat banyak. Memenangkan kompetisi akan mendatangkan banyak uang, membuat anak-anak menyadari bahwa tidak harus menjadi dokter atau pengacara untuk menjadi kaya. Skateboarding juga memainkan peranan penting dalam menaikkan penghasilan dunia fashion. Perusahaan seperti Diamond Supply Co, Hurley, Vans, dan RVCA meraih banyak keuntungan dari gaya hidup skateboarding.

Simak video keren dibawah ini sebagai penggambaran mengenai evolusi skateboarding

Comments
Categories: News