MUSIK ROCK – SEJARAH & PERKEMBANGANNYA

Musik rock telah menjadi aliran music bergejolak secara stabil, sesuatu hal yang tak terduga yang secara terus menerus didefinisikan ulang dan dilahirkan kembali sejak kemunculan pada akhir tahun 40an. Hal tersebut bukanlah hal yang mengejutkan, selanjutnya akan sangat sulit untuk menemukan definisi sederhana mengenai music yang seringkali bertema kegelisahan hidup.

Kedengarannya cukup sederhana , tapi lihat lebih dekat pada perkembangan musik rock yang menunjukkan bagaimana gaya dan pengaruh yang berbeda telah membentuk dan berkembang selama bertahun-tahun .Tapi pertama tama , mari kita melihat kebelakang awal mula music ini.

KELAHIRAN MUSIK ROCK (1940s -60s)

Kelahiran music rock dapat ditelusuri pada akhir tahun 1940an, saat dimana music yang popular pada saat itu, country dan blues, menjelma menjadi suatu jenis musik baru yang dibumbui dengan raungan gitar listrik dan tempo drum yang stabil. Para pelopor artis rock di tahun 50an seperti Chuck Berry, lebih condong pada stuktur blues klasik pada saat menampilkan musik mereka.

Menentang kenyamanan era pop music, music rock secara agresif mengusung kebebasan sex yang sangat mengejutkan pada masa itu.

Pada awal tahun 60an, para pengikut Chuck Berry, seperti The Rolling Stone, memperluas lingkup music rock dengan merubah dari artis-artis single menjadi para musisi yang mampu memproduksi album dengan jumlah lagu yang banyak.

Mengusung seks dan pemberontakan jiwa muda dalam music mereka, Rolling Stones menuai kontroversi tapi juga naikkan music ke budaya yang lebih tinggi.

EVOLUSI MUSIK ROCK (1970s)

Saat musik rock menjadi bentuk yang dominan dalam trend musik, band-band baru membangun music mereka untuk memasuki wilayah kekuasaan yang baru.

Led Zeppelin memberikan nuansa gelap dan sound yang berat, mereka menjadi salah satu band yang paling terkenal di era 70an dan membantu memulai genre baru dari music rock yang dikenal sebagai hard rock atau heavy metal.

Disaat yang sama , Pink Floyd menambahkan elemen-elemen gila dan aransement yang kompleks, membuat konsep album yang bersamaan dengan tema single dan bermaksud untuk menyerap dalam satu waktu yang sama.

Pada akhir tahun 70an lahir suatu bentuk dari music rock yang lebih sederhana, raungan suara gitar yang keras, tingkah laku kasar dan nyanyian-nyanyian kemarahan, music tersebut adalah Punk yang dipelopori oleh Sex Pistols dan The Clash

zeppelin

PECAHNYA MUSIK ROCK (1980s)

Saat tahun 80an mulai, music rock pada umumnya telah kehilangan nilai jualnya, pertumbuhannya sangat basi. Dalam suasana kreatif yang sangat stagnan, lahirnya subgenre baru lahir untuk menegaskan dominasi mereka.

Dipengaruhi oleh Punk dan isntrumen elektrik industrial, band-band Inggris seperti Depeche Mode memperlihatkan gaya menulis lagu yang lebih tertutup, mereka menciptakan postpunk yang juga sering disebut new wave.

Sementara itu, band-band America seperti R.E.M. bermain-main dengan elemet-element postpunk, menyeimbangkan antara lirik – lirik yang rapih dengan aransemen band rock tradisional. Band ini dijuluki band rock kampus yang dikarenakan tenarnya mereka dikalangan para mahasiswa.

Pada akhir tahun80an, rock kampus menjadi alternative yang menguntungkan bagi music rock dan mendapat julukan baru yaitu Alternative Rock. Genre ini juga biasa disebut sebagai indie rock karena band-band alternative rock sering kali dikontrak oleh perusahaan-perusahaan rekaman kecil.

Secara signifikan alternative rock meraih popularitasnya pada tahun 1988 disaat majalah billboard membuat chart baru khusus untuk alternative rock yang merupakan sarana publikasi rock modern.

rem

KEBANGKITAN MUSIK ROCK (1990s – Sekarang)

Dengan kemunculan Nirvana dalama album Nevermind tahun 1991, alternative rock benar-benar mendominasi tangga lagu music. Disaat yang sama band-band lain juga bermunculan dan ambil bagian dalam gerakan grunge ( perpaduan antara hard rock dan punk ), band-band lain seperti Soundgarden menguasai dunia rock alternative dan music rock pada umumnya.

Namun pada pertengahan dekade, music alternative kehilangan pesonanya, hal ini diawali dengan kematian frontman Nirvana Kurt Cobain karena bunuh diri. Era ini merupakan awal dari kebangkitan music rock.

Salah satu band yang menandai kebangkitan music rock adalah Limp Bizkit, dimana band ini memadukan hard rock dan rap kedalam bentuk baru yang disebut rap rock. Band-band seperti Staind dan Puddle of Mudd juga hadir mengikuti Limp Bizkit, namun band-band ini lebih memfokuskan diri pada melodic hard rock daripada rap.

Pada saat rock music memasuki abad ke 21, band-band yang meraih kesuksesan dengan semangat yang sama dengan para pendahulunya adalah Linkin Park, grup yang mengusung hip hop dan metal, serta 3 doors down yang mengikuti tradisi hard rock masa lampau dalam mengaransemen lagunya. Tidak dapat diragukan bahwa rock music akan terus berkembang dimasa depan, dilihat dari kayaya sejarah perkembangannya, music rock akan terus membuka telinga kita dan akan menyuguh music-musik baru yang super cadas.

linkin-park

Comments
Categories: News