PEMASARAN MUSIK INDEPENDEN TANPA HARUS BERJUALAN

Banyak dari musisi-musisi indie dikenal dengan sikap anti korporasinya. Hal ini tidak mengejutkan bahwa dikalangan mereka tidak ada mengenal adanya konsep marketing. Kenyataannya banyak sekali cara untuk membangun fan base dan untuk menarik banyak orang serta awareness orang-orang akan musik sobat kendaly dengan tanpa harus berjualan. Apabila sobat kendaly adalah salah satu dari aris independen, berikut cara untuk mempromosikan atau memasarkan musik sobat kendaly tanpa harus bergabung dengan korporasi.

Pertama-tama, apabila cara pandang sobat kendaly benar-benar anti pemasaran, hal tersebut haruslah diubah. Pemasaran tidak harus sama dengan berjualan atau bergabung dengan korporasi. Mencari cara untuk menunjukkan ide dan karya melalui lagu dan musik ke banyak orang adalah merupakan bagian dari marketing dengan cara menunjukkan kepada orang bahwa sobat kendaly percaya dengan apa yang sedang sobat kendaly kerjakan.

Coba berhenti sejenak dan berpikir. Apakah yang sobat kendaly buat cukup berarti buat sobat kendaly sehingga membuat sobat kendaly ingin membagikannya kepada orang lain? Seadainyatidak, lalu buat apa sobat kendaly mengejar karir di musik? Ketika sobat kendaly bisa berhenti menyamakan pemasaran dengan konotasi-konotasi negative, sobat kendaly akhirnya dapat bergerak maju dan mulai mencari cara untuk mempromosikan band sobat kendaly dengan cara yang sesuai denga cita-cita sobat kendaly sebagai artis independen.

Sebagai permulaan, ingat bahwa fans sobat kendaly tidak hanya sebagai sasaran pemasaran,melainkan juga sebagai promotor yang terbaik. Banyak musisi menghindari kegiatan pemasaran karena mereka berpikir bahwa itu artinya harus secara terus menerus berhubungan dengan media, promotor, perusahaan rekaman dan korporasi-korporasi lainnya untuk dapat dikenal oleh public. Apabila sobat kendaly tidak menyukai hal-hal tersebut, lewatkan saja dan langsung berpaling ke orang-orang yang telah menjadi pengiklan yang terbaik – fan base sobat kendaly. Sediakan cara-cara kepada mereka untuk mempromosikan band serta musik sobat kendaly. Mereka akan melakukan yang terbaik secara gratis.

Dengan cara tersebut berarti meningkatkan pemasaran dapat dengan mudah dilakukan hanya dengan menambah fan base sobat kendaly. Apa yang bisa lebih baik dari itu? Pastikan sobat kendaly tahu apa yang menarik dari musik sobat kendaly yang disukai oleh fans. Pastikan sobat kendaly dapat menggambarkan musik sobat kendaly secra cepat dan jelas. Dengan cara ini akan membuat sobat kendaly lebih mudah dalam menarik public terhadap musik serta pesan-pesan sobat kendaly. Jangkaulah merka.

Seperti yang bisa kalian lihat, pemasaran musik independen tidak harus dengan konsep yang kasar. Saat sobat kendaly bisa melihat kekuatan berbagi kepada banyak orang yang senang akan karya yang telah sobat kendaly buat, sobat kendaly bisa mengambil keuntungannya. Dan hal yang terbaik adalah sobat kendaly dapat menggunakan metode ini tanpa harus berjualan ataupun melupakan idealisme sobat kendaly.

Comments
Categories: News