SEJARAH SINGKAT MUSIK INDIE

Indie atau music independen adalah music yang diproduksi diluar dari perusahaan-perusahaan rekaman terkenal seperti Sony, Columbia, Universal, RCA. Artis-artis independen berusaha untuk membuka jalan mereka untuk memutar lagu di radio dan menjadi hits tanpa bantuan perusahaan-perusahaan rekaman terkenal.

Sejarah rekaman music independen sulit untuk ditemui, terutama dipermulaan era music recording, para musisi-musisi independen sering kali tidak mempunyai dana untuk merekam music mereka. Band-band indie berbakat biasanya mempromosikan sendiri band-band mereka dengan cara membuat event-event mereka sendiri, mengadakan tur sendiri dan membayar produksi rekaman mereka sendiri. Banyak pemandu bakat dari perusahaan-perusahaan rekaman terkenal berusaha untuk mengontrak artis-artis indie berbakat tersebut, menawarkan pinjaman kepada mereka untuk membiayai segala pengeluaran produksi dan promosi band-band tersebut sampai band-band tersebut memperoleh keuntungan untuk membayar hutang mereka. Pada saat hutang mereka terbayar, mereka akan mendapatkan royalty dari music mereka. Sebelum hutang mereka lunas, perusahaan-perusahaan rekaman ternama tersebut menghasilkan banyak uang dari bakat-bakat unik dari band tersebut yang merupakan bagian dari budaya indie music. Band-band tersebut di eksploitasi dan di forsir dalam bermain music, lagu-lagu mereka terus menerus diputar diradio sampai band tersebut habis dan lagu mereka sudah tidak terdengar lagi di radio dan jumlah royalty menurun drastis

Independen music bagaikan berlian yang masih kasar dan mentah. Akan terdengar sangat asik saat tiba-tiba sobat kendaly mendengarnya. Sangat menyegarkan saat kita mendengar music yang sangat sulit untuk ditemukan, terdengar lebih baik dan asik karena music tersebut tidak di putar di semua stasiun radio yang sering kali membuat kita muak dan bosan apabila semua stasiun radio memutarnya dengan frekuensi yang sangat sering, dan juga karena music ini tidak terdengar seperti music pop kacangan yang sering wara wiri di stasiun-stasiun radio pada umumnya.

Musisi-musisi independen adalah pelopor-pelopor yang pemberani, usahawan yang mandiri –suatu hal yang harus kita dukung. Mereka adalah artis-artis akar rumput. Sangat unik tidak seperti lainnya.

Comments
Categories: News