TIPS MENGASAH SKILL BERSEPEDA DOWNHILL

Apabila sobat kendaly biasa bersepeda gunung, sobat kendaly kemungkinan sudah mengetahui bagaimana cara mengendalikan sepeda di medan off-road. Tapi untuk medan yang ada di trek downhill akan sangat jauh berbeda, karena dalam trek downhill aka nada fitur-fitur tertentu dan juga halangan-halangan yang tidak ada dalam medan biasanya. Bersepeda downhill di trek downhill membutuhkan beberapa keahlian supaya sobat kendaly bisa bersepeda dengan aman. Berikut tips untuk mengasah skil dalam bersepeda downhill.

BELAJAR BERBELOK

 Belajar belok dengan benar adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh sobat kendaly apabila ingin bersepeda downhill karena dengan berbelok dengan tepat akan membantu kita tetap memegang Kendali dalam menjaga momentum disepanjang trek tersebut. Dalam trek downhill kita akan sering menemukan tanggul yang menjulang dan akan semakin tinggi tanggul tersebut saat kita naik tingkat kesulitan. Oleh sebab itu mempertahankan kecepatan saat berbelok akan menyebabkan para sobat kendaly untuk menemukan alur yang tepat di lintasan downhill yang mana akan sangat penting saat kita ingin melakukan loncatan ataupun hal-hal lainnya.

BELAJAR UNTUK MELOMPAT

Melompat adalah sesuatu yang mengasyikkan untuk dilakukan pada saat bersepeda downhill tapi melompat dengan benar adalah keahlian yang cukup sulit untuk dipealajari, terlebih lagi bagi sobat yang tidak biasa berada di udara dengan sepeda. Sebelum sobat kendaly belajar melompat dalam downhill, para sobat harus terlebih dahulu mengenali sepeda yang dipakai dan juga trek yang akan dilewati. Saat sobat kendaly sudah mengenali trek yang akan dilewati, cobalah untuk melakukan lompatan-lompatan kecil sambil secara perlahan melakukan lomptan-lompatan yang lebih besar. Saat para sobat sudah menguasai semua lompatan di trek-trek tertentu maka para sobat sudah siap untuk naik ke level berikutnya.

BELAJAR DROP OFF

Teknik yang harus dipelajari juga adalah teknik Drop, karena saat kita bermain downhill kita akan sering menemui lintasana menurun yang membutuhkan skill yang mumpuni, karena apabila kita tidak mengusai skill tersebut akan sangat membahayakan bagi keselamatan kita saat kita melintasi lintasan yang menurun. Sangat dianjurkan untuk memulai latihan di trek-trek dengan turunan yang rendah seperti di trek Universitas Indonesia dan Cikole sebelum kita melanjutan di lintasan turunan yang lebih curam. Dalam melakukan skill ini, akan sangat baik baik para sobat kendaly untuk menggunakan pengaman pada tubuh karena kecelakaan dapat saja terjadi dalam melakukan skill ini

BELAJAR UNTUK MELINTASI LINTASAN GUNUNG BATU

Lintasan gunung batu/bukit batu adalah lintasan alami yang sering ditemukan dalam lintasan downhill dengan tingkatan level ahli. Sebelum mencoba lintasan gunung batu, para sobat harus mempelajari terlebih dahulu lintasan tersebut, pahami keunikan dari lintasan yang akan dilalui. Mulai dari yang lintasan yang pendek dan pahami mengenai kecepatan dan keseimbangannya sebelum melakukan lintasan yang lebih panjang/jauh.

BELAJAR MELINTASI TECHNICAL TRAIL

Melintasai technical trail adalah bentuk yang sebenarnya dari bersepeda gunung diseluruh dunia. Technical trail adalah lintasan yang paling banyak ditemukan di trek sepeda dari level pemula sampai level ahli. Sebelum melintasi technical trail, pahami terlebih dahulu tiap-tiap karakteristik lintasan . Rintangan-rintangan yang tak terduga akan muncul dan sangat penting bagi kita untuk mempunyai pengetahuan serta kemampuan yang sesuai terhadap lintasan yang sedang kita lintasi. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum mulai, dan selalu memulai dengan level yang mudah sebelum melakukan level yang sulit.

Comments
Categories: News