TUTORIAL MEMBUAT PRESS RELEASE MUSISI INDIE

Membuat press release merupakan salah satu cara yang terbaik bagi artis-artis independen, atau band untuk mendapatkan liputan media sebagai sarana promosi mereka. Liputan media dalam industry ini sangat lah penting. Walaupun di internet terbentang banyak kesempatan bagi para artis independen, namun tetap saja persaingan ini sangatlah keras. Jadi apabila sobat kendaly mempunyai materi ataupun berita-berita yang layak untuk disebar luaskan, maka press release bisa menjadi jalan masuk bagi sobat kendaly untuk mendapatkan pemberitaan tersebut. Hal tersebut akan memberikan publikasi yang diperlukan oleh public untuk mengenal siapa diri kalian sehingga akan membuat music kalian didengar.

Untuk mendapatkan kesan pertama yang positif dari pembaca, press release sobat kendaly haruslah ditulis dengan sangat baik, informaitif dan jelas. Jangan sampai menuliskan detil-detil yang tidak perlu sehingga dapat membuyarkan perhatian pembaca sobat kendaly. Tetap pada fakta yang menjelaskan siapa dirimu dan apa yang akan sobat kendaly tawarkan.

Sobat kendaly bisa menggunakan metode narasi orang ketiga dalam menulis suatu press release. Dengan memberikan pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan oleh reporter kepada sobat kendaly akan membuat sobat kendaly lebih berpikir bebas dan objektif.

Berikut contoh Tanya jawab yang biasa ditanyakan oleh reporter :

[Reporter] – Apakah nama band kalian ?

[Band] – Kami menamakan band kami “Stereo” ?

[R] – Jenis music apa yang kalian mainkan ?

[B] – Kami memain musik elektrik rock, bisa dibilang perpaduan antara rock dan disco

[R] – Saya mendengar bahwa kalian telah menyelesaikan rekaman album pertama kalian. Kapan kira-kira album tersebut bisa didapatkan oleh public?

[B] – Yap benar sekali, album tersebut berjudul “Disko Rock”, kami sangat senang dan antusias sekali terhadap album ini. Album ini sendiri akan keluar minggu depan.

[R] – Dimana public bisa mendapatkan Where can a person get a copy of the CD?

[B] – Album ini bisa di dapatkan di website kami dan juga bisa di dapatkan beberapa toko cd di mall-mall Jakarta dan sekitarnya.

[R] Keren sekali ya! Ada berapa lagu dalam album perdana kalian?

[B] 12

[R] – Kenapa kalian menamakan band kalian “stereo” ?

[B] – Kami ingin menghibur para penikmat musik dengan musik yang kami bawakan, yang mempunyai keunikan dan rasa yang berbeda dari yang lain

Tentu saja semua nama-nama yang tadi disebutkan diatas fiktif dan hanya merupakan ilustrasi untuk menunjukkan bagaimana cara menyusun informasi yang ingin sobat kendaly cantumkan dalam press release. Susunan tersebut bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan yang dirasakan oleh sobat kendaly sendiri.

Berikut contoh dari susunan yang bisa sobat kendaly gunakan :

HEADLINE
Salah satu yang terpenting dalam memulai press release adalah dengan menggunakan headline atau judul yang menarik supaya kita dapat menarik perhatian para pembaca sedari awal.

PARAGRAF PERTAMA
Masukkan informasi mengenai siapa diri kalian (nama band dll) dan apa yang kalian tawarkan kepada pembaca. Selalu tetap menggunakan pertanyaan Siapa, Apa, Kapan, Dimana, Kenapa dan Bagaimana sebelum kamu menulis untuk menstimulasi proses kreatif dari penulisan press release tersebut.

PARAGRAPH KEDUA
Dalam paragraph ini sobat kendaly bisa memasukkan informasi yang lebih detil mengenai band kalian. Mungkin sobat kendaly bisa menuliskan mengenai jenis musik yang kalian mainkan ataupun event-event yang kalian akan ikut andil di kemudian hari.

PARAGRAF KETIGA
Pada paragraph terakhir ini sobat kendaly bisa menjelaskan tentang orang-orang yang terlibat dalam project atau event-event yang kamu punyai. Apapun itu yang belum kamu cantumkan dalam paragraph-paragraf sebelumnya dan itu cukup penting, sobat kendaly bisa menambahkannya di paragraph ketiga ini. Pastikan bahwa sobat kendaly mencantumkan informasi kontak yang sobat kendaly miliki terutama alamat website ataupun email.

Setelah sobat kendaly memeriksa kembali press release tersebut dan akhirnya press release tersebut siap, segera distribusikan press release tersebut di website ataupun blog sobat kendaly. Kemudian kirimkan ke sebanyak mungkin situs-situs PR gratis yang bisa sobat kendaly dapatkan.

Sobat kendaly juga harus meyertakan kata pengantar atau cover letter pada press release dan mengirimkannya ke Koran-koran atau majalah-majalah local di daerah sobat kendaly. Tujukan kepada editor pada saat pengiriman, dan sertakan foto supaya lebih menarik perhatian editor tersebut.

Dan jangan lupa untuk mengirim email ke semua teman sobat kendaly, keluarga dan juga tetangga. Ini adalah waktunya bagi sobat kendaly untuk bersinar, jadi raih mimpimu!

Comments
Categories: News