Self defense Untuk Para Ladies

 

Tinggal di kota besar untuk seorang wanita memang lah tak mudah. Bahaya bisa muncul dimana-mana dengan motif yang berbeda. Mau tak mau harus diakui kekuatan wanita lebih kecil dibandingkan dengan pria mengakibatkan wanita mudah jadi korban kejahatan. Terkadang menyiapkan pepper spray untuk perlindungan diri belum tentu cukup. Untuk wanita sendiri, kejahatan yang menimpa mulai dari pencopetan, kekerasan dalam pacaran sampai rumah tangga, pelecehan seksual dan yang paling parah adalah perkosaan.

Maka dari itu, mempelajari bela diri sebenarnya wajib hukumnya bagi wanita yang tinggal di kota-kota besar dengan peluang kejahatan yang besar. Nah, apa saja bela diri yang cocok dipelajari wanita untuk mempertahankan dirinya? Simak daftar berikut!

 

  1. Aikido, seni bela diri keluarga kaisar Jepang

Aikido merupakan seni bela diri dari Jepang. Bela diri ini telah lahir pada tahun 1900-an. Aikido merupakan bela diri tradisional yang telah diwariskan turun temurun dari salah satu kekaisaran Jepang. Alasan mengapa bela diri asal negeri sakura ini cocok untuk dipelajari wanita adalah, karena Aikido hampir tidak menggunakan kekerasan dalam pembelajarannya. Anda justru akan diajarkan bagaimana memanfaatkan energi lawan untuk melemahkan mereka. Cara melindungi diri yang diajarkan oleh Aikido adalah bagaimana kita yang hendak diserang orang jahat dapat mengunci gerakannya kemudian melemparnya. Aikido sendiri telah menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia. Salah satunya Aikido Shudokan Indonesia yang berpusat di Bandung, Jawa Barat namun memiliki cabang di Jakarta dan Tanggerang.

 

  1. Adopsi bela diri dari tentara Israel

Nama bela diri satu ini memang masih asing apalagi untuk orang Indonesia. Biasanya seni bela diri dimasukan ke dalam kategori olahraga namun tidak dengan KAPAP Krav Maga. Hal ini dikarenan KAPAP Krav Maga tak memiliki aturan dalam bertarung. Bela diri ini digunakan para tentara Israel ketika bertugas di medan perang sejak tahun 1910. Untuk di Indonesia, KAPAP Krav Maga dipopulerkan oleh Komando Indonesia. KAPAP Krav Maga adalah bela yang mengadopsi serangan berdasarkan keadaan nyata. Bela diri ini bertujuan menyiapkan penggunanya untuk bisa menghadapi situasi terburuk baik secara fisik maupun mental. Anda akan diajarkan perkelahian tanpa senjata atau dengan senjata, satu lawan satu, sampai menghadapi penjahat yang bergerombol. KAPAP Krav Maga sendiri sempat populer sebagai olahraga yang dipelajari Jennifer Lopez untuk melindungi dirinya dari kekerasan rumah tangga yang dilakukan suaminya di film Enough yang dirilis tahun 2002. Khusus Anda yang berlokasi di Jakarta dan tertarik mempelajari KAPAP Krav Maga Anda bisa mendatangi Adria Fitness Center di Bintaro atau Elite Club Epicentrum di Kuningan, Jakarta Selatan.

 

  1. Kempo, bela diri para Bikhsu

Jika Aikido merupakan seni bela diri yang diwariskan turun temurun oleh keluarga kerajaan, bela diri ini justru datang dari para Bhiksu. Karena erat dengan kepercayaan Budha, kempo tidak mengajarkan penggunanya untuk menyerang terlebih dulu. Kenshi (pengguna bela diri kempo) bahkan dilarang keras untuk menyerang lawan, menyakiti, apalagi membunuh. Maka dari itu, bela diri ini lebih banyak menggunakan permainan tangan untuk bertahan. Prinsip “bertahan” dan “bela diri” sangat dipegang oleh Kempo. Yang membuat Kempo berbeda dengan Aikido adalah teknik gerakan Kempo yang lebih “tegas” dan “pasif”. Kempo juga merupakan salah satu cabang olahraga olimpiade sehingga telah banyak tempat latihan Kendo yang dapat Anda jumpai. Di Jakarta sendiri terdapat dua Dojo Kempo yang berlokasi di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

 

Wanita memang makhluk yang harus dilindungi. Namun sepertinya beberapa pria sudah tak menggubris perkataan ini. Maka dari itu, wanita kini tidak harus bergantung kepada pria untuk melindungi dirinya sendiri. Dengan mempelajari teknik bela diri yang bertujuan untuk melindungi dirinya, wanita tak perlu takut jika berada di situasi yang genting.

Comments
Categories: News