6 Tips Mudik Hemat, Aman dan Nyaman. Cocok untuk Anak Kost!

Lebaran sebentar lagi Gaes, senangnya saat untuk berkumpul bersama keluarga tercinta akan terkabul. Kesibukan duniawi memang kadang membuat waktu berkualitas Kamu bersama keluarga jadi tersita. Sampai-sampai mudik lebaran menjadi momen yang sangat penting dan wajib dilakukan. Karena momen ini adalah momen di mana Kamu bisa ngobrol santai bersama keluarga dan sanak saudara yang sudah lama tidak berjumpa.

 

Nah, apakah Kamu sudah melakukan persiapan mudik? Agar mudik terasa nyaman dan lancar, ada baiknya Kamu memperhatikan beberapa tips yang vemale persembahkan untuk Kamu. Semoga setelah membaca beberapa tips mudik yang bukan hanya akan membuat aman dan nyaman tetapi juga hemat, mudik Kamu jadi terasa menyenangkan.

 

  1. Pilih Waktu Mudik Yang Tepat

Saat sudah berencana untuk mudik, sebaiknya pilih waktu yang tepat. Jika Kamu mudik menggunakan transportasi umum, pesan tiket keberangkatan dan kepulangan jauh-jauh hari sebelumnya. Hal tersebut dilakukan agar Kamu tidak kehabisan tiket dan mendapatkan harga tiket yang jauh lebih murah. Selain itu agar Kamu lebih bisa memilih sarana transportasi yang nyaman selama perjalanan. Nah, kalau Kamu akan melakukan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya cek keamanan kendaraan jauh-jauh hari. Periksakan ke bengkel untuk service dan mengecek bagian terkecilnya. Agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan saat Kamu mudik nanti.

 

  1. Atur Anggaran Biaya Dengan Cermat

Buat daftar anggaran biaya yang harus Kamu keluarkan dengan baik. Contoh seperti budget tiket pulang-pergi atau budget bensin, oleh-oleh, angpao dan yang lainnya. Agar tidak bingung dan berakhir dengan uang yang habis tanpa alasan yang jelas. Yang terpenting, jangan memaksakan kebutuhan yang tidak bisa Kamu penuhi. Hindari berhutang saat akan mudik hanya dengan alasan agar memiliki uang cadangan. Percaya atau tidak, uang Kamu akan tetap habis meskipun Kamu sudah mengukuhkan niat hanya akan menggunakan uang cadangan tersebut untuk keperluan mendesak.

 

  1. Jangan Membawa Terlalu Banyak Barang

Hal tersebut akan merepotkan saat melakukan perjalanan, kecuali jika Kamu membawa mobil pribadi. Meski begitu tetap saja, sebaiknya membawa barang secukupnya. Kamu dapat mengirim sebagian barang melalui jasa pengiriman kilat jika memang terkondisikan untuk membawa barang-barang yang cukup banyak. Sehingga Kamu tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk membayar jasa pengangkut barang atau porter.

 

  1. Pelajari Rute Mudik Yang Efektif

Bagi Kamu yang akan melakukan mudik dengan kendaraan pribadi. Sebaiknya pelajari terlebih dahulu rute perjalanan mudik yang efektif. Agar Kamu tidak berakhir dengan perjalanan panjang dan berputar-putar. Hal tersebut bisa menghemat bensin tentunya.

 

  1. Siapkan Kondisi Fisik

Terlalu heboh mempersiapkan mudik, jangan sampai membuat kondisi kesehatan Kamu jadi menurun saat hari H keberangkatan. Siapkan plastik, obat anti mabuk perjalanan, minyak angin, beberapa permen asam dan obat khusus yang sesuai dengan Kamu. Membeli dalam perjalanan apalagi di tempat-tempat persinggahan, Kamu akan mendapatkan harga yang lebih mahal Gaes.

 

  1. Berdoa dan Tetap Memberi Kabar

Terakhir yang tidak boleh dilupakan, jangan pernah lupa sebelum melakukan mudik atau sebuah perjalanan. Selain itu, kabari terus keluarga dan beritahu kondisi serta letak di mana Kamu berada saat itu. Agar keberadaan Kamu bisa terus terpantau dengan baik.

 

Nah, Gaes segera lakukan hal-hal yang harus dilakukan demi mendapatkan mudik yang nyaman dan menyenangkan. Perhatikan point-point yang sudah vemale berikan kepada Kamu ya. Dijamin mudik Kamu akan menyenangkan dan nyaman serta aman. Selamat mempersiapkan mudik ya Gaes, jangan lupa untuk hati-hati selama perjalanan.

Comments
Categories: News